Mengapa penting untuk menghentikan kebiasaan tersinggung?

Perasaan ini sudah lama saya atasi dalam diri saya, karena tidak membawa manfaat apapun, tapi hanya mengganggu dan meruntuhkan. Dan dalam arti harfiah. Ini adalah beban emosional yang sangat besar yang selalu mengingatkan akan bobotnya. Tapi sebelumnya, saya sering tersinggung. Dan alasan reaksi saya bukan hanya karena beberapa hal serius, tetapi juga hal-hal kecil yang sama sekali berbeda. Pada satu titik, saya dengan tajam menyadari kerugian yang ditimbulkan oleh pelanggaran ini terhadap saya. Menjaga mereka dalam diri Anda = terperosok dalam energi negatif. Sekarang saya akan memberi tahu Anda pemikiran saya tentang masalah ini secara lebih rinci.

Mengapa penting untuk menghentikan kebiasaan tersinggung?
Mengapa penting untuk menghentikan kebiasaan tersinggung?

Mengapa banyak orang sering tersinggung? Ini adalah semacam refleks defensif terhadap ketidakadilan dan agresi. Dan tidak apa-apa untuk merasakan perasaan ini. Setiap orang bisa terluka dan kesal karena sesuatu. Dan jika seseorang merasakan pelanggaran sementara dalam dirinya, maka tidak ada yang salah dengan itu. Tetapi jika tidak berhasil, ingatkan diri Anda secara berkala dan, secara umum, Anda bereaksi sangat tajam terhadap banyak peristiwa - ini sudah bisa menjadi masalah. Dan itu perlu dipecahkan agar tidak terjebak dalam kenegatifan abadi.

Kebencian adalah jalan keluar paling nyaman dan termudah dari hampir semua situasi buruk. Jika seseorang telah menyinggung Anda, lebih mudah untuk menutup diri dan kesal daripada mengatasi situasi tersebut. Jika Anda belum berhasil membuat beberapa mimpi menjadi kenyataan, sekali lagi, lebih mudah menyerahkan tanggung jawab atas keadaan kegagalan Anda dan menyerah daripada terus bertindak. Tetapi "lebih sederhana" ini tidak berarti "lebih baik", tetapi justru sebaliknya. Seperti yang Anda pahami, saya menganggap kebencian sebagai kelemahan yang perlu dipelajari untuk diatasi. Dan jangan jadikan itu kebiasaan Anda.

Bagaimana cara berhenti tersinggung?


🔹Pertama, penting untuk menyadari apa yang diberikan perasaan itu kepada Anda. Lain kali Anda mulai mengalaminya, analisis pikiran, emosi Anda. Biasanya, ini adalah mengasihani diri sendiri, merasa tidak dapat diterima dan disalahpahami, marah, dan sebagainya. Tentu saja, ketika Anda benar-benar tersinggung, perasaan ini pada awalnya dapat memberikan pelampiasan dan sedikit ketenangan. Namun di masa depan, satu hal negatif tetap ada. Dan jika Anda tidak melepaskannya, itu akan menumpuk di dalam. Jadi, rasa kesal bisa menyebabkan suasana hati yang buruk, kelelahan, kurangnya motivasi, bahkan ledakan amarah.

🔹Terima fakta bahwa tidak ada gunanya tersinggung oleh orang asing. Mereka mungkin memiliki pandangan hidup yang sangat berbeda, logika dan alasan mereka sendiri untuk tindakan ini atau itu. Dan mereka tidak harus membagikan pendapat Anda, memahami Anda, dan mendukung Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melihat kata-kata atau tindakan mereka dengan menyakitkan. Ini tidak masuk akal. Anda hanya bisa tersinggung pada orang yang dekat dengan Anda yang Anda hargai. Pada saat yang sama, Anda tidak bisa meninggalkan perasaan ini begitu saja, penting untuk menyelesaikannya dan mengatakan semua momen yang mengganggu Anda. Dan ini baru poin berikutnya.

Mengapa penting untuk menghentikan kebiasaan tersinggung?
Mengapa penting untuk menghentikan kebiasaan tersinggung?
🔹Diskusi! Jika Anda merasa seseorang telah menyakiti Anda - bicarakan dengannya saat ini. Katakan apa yang tidak Anda sukai. Paling sering, itu adalah penyebab kebencian meremehkan.

🔹Jangan tersinggung. Ini lebih tentang lelucon tajam di beberapa jenis perusahaan di mana orang, menurut Anda, ingin menyakiti Anda. Atau orang yang lewat di jalan secara agresif, komentar dari para pembenci di jejaring sosial. Saya sudah mengatakannya, tetapi saya akan mengulanginya sendiri. Sangat sering orang membuang kenegatifan mereka tepat setelah fakta. Dan mereka bahkan tidak peduli siapa. Mereka tidak mengejar tujuan untuk menyakiti Anda, fakta itu sendiri penting bagi mereka. Oleh karena itu, jangan proyeksikan frase / tindakan apa pun pada diri Anda sendiri.

🔹Jika Anda merasa bahwa Anda mulai lebih tersinggung pada beberapa periode dalam hidup Anda, maka berilah diri Anda kesenangan. Mungkin Anda terlalu banyak bekerja atau mengalami semacam stres, dan karenanya setiap hal negatif dari luar dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Jika demikian, maka istirahatlah dan beri diri Anda kesempatan untuk reboot.

🔹Ambil dendam sebagai pengalaman hidup dan ambillah hanya itu darinya. Misalnya, jika sesuatu tidak berhasil untuk Anda, dan Anda marah dengan keadaan, periksa semua kemungkinan alasan mengapa Anda gagal dan tarik kesimpulan. Jika seseorang menjebak Anda, ini bisa menjadi sinyal bahwa Anda perlu mulai lebih memperhatikan orang lain.

🔹 Belajar memaafkan. Itu yang paling penting. Dan tidak hanya dalam kata-kata, tetapi benar-benar bebaskan diri Anda secara internal dari beban ini. Perbuatan buruk seseorang seharusnya tidak merusak suasana hati dan keadaan psikologis Anda. Tidak selalu mudah. Tetapi Anda perlu mencoba memutuskan hubungan dari hal negatif ini.

Dan yang terakhir! Ingatlah selalu bahwa dendam adalah buang-buang waktu, saraf, dan energi. Cobalah untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menciptakan suasana hati Anda, daripada merusaknya. Dan perlakukan banyak hal dengan lebih mudah dan lebih positif.
Cancel