Mengapa rasa malu merupakan salah satu perasaan yang paling merusak?

Sekarang budaya positif tubuh dan penerimaan diri semakin meluas. Dan itu bagus. Yang paling saya sukai dari gerakan positif tubuh adalah bahwa gerakan itu sendiri membawa pergumulan dengan rasa malu yang tak ada habisnya untuk penampilan, pikiran, dan sebagainya. Oleh karena itu, sekarang saya ingin menganalisis topik ini lebih detail.

Mengapa rasa malu itu buruk? 


Karena ini adalah perasaan yang kita alami karena takut ditolak dan ditolak orang lain, oleh masyarakat. Ini adalah 100% emosi sosial. Dan itu menekan, menanamkan ketakutan dan keraguan diri pada orang-orang. Tetapi jika semuanya begitu jelas, lalu mengapa begitu banyak orang berpikir bahwa mereka pantas dipermalukan?

Bagi saya, intinya ada pada substitusi konsep, yang seringkali bahkan tidak diperhatikan. Ada satu perasaan lagi, dan itu dianggap berdekatan dengan rasa malu - rasa bersalah. Saya pikir banyak orang yang akrab dengan ungkapan dari masa kanak-kanak: "Tidak malu, tidak ada hati nurani"; "Tidak tahu malu". Ini adalah contoh paling jelas dari substitusi konsep ketika perasaan malu disamakan dengan perasaan bersalah. Namun ada perbedaan nyata di antara keduanya. Ya, rasa bersalah yang memadai itu perlu. Namun nyatanya, rasa bersalah (jika tidak dipaksakan) adalah perasaan bersalah atas beberapa tindakan negatif Anda. Dan sensasinya diarahkan pada satu saat, pada tindakan itu sendiri, konsekuensi dan koreksinya. Sebagai contoh: "Saya melakukan hal yang buruk karena saya menghina orang itu dan saya merasa bersalah terhadapnya." Dan rasa malu paling sering merangkul tanpa alasan dan memusatkan seseorang bukan pada suatu tindakan,

Mengapa rasa malu merupakan salah satu perasaan yang paling merusak
Mengapa rasa malu merupakan salah satu perasaan yang paling merusak

Secara umum, rasa malu tidak membawa manfaat apa pun, tetapi hanya menurunkan harga diri, menimbulkan kompleksitas, ketidaksukaan diri dan keraguan abadi. Orang-orang malu karena tidak memiliki mobil yang cukup mahal; untuk apa, bahwa mereka membuat pilihan yang tidak disetujui oleh kenalan mereka; karena fakta bahwa mereka tidak mencapai suatu tujuan, dan seterusnya. Contoh yang baru saja saya sebutkan, tentu saja, membuat orang tidak nyaman secara emosional. Tetapi perasaan malu yang paling mengerikan muncul bukan karena hal-hal material, tetapi justru karena data eksternal dan internal yang dengannya kita dilahirkan. Banyak yang malu dengan penampilan mereka dan mencoba menyembunyikan atau mengubah apa yang tidak mereka sukai dari diri mereka sendiri. Mereka menganggap diri mereka tidak cukup menarik, membandingkan diri mereka dengan "standar kecantikan" ... Dan ini adalah kesalahan terbesar.

Karena persepsi kecantikan sangat bergantung pada fashion untuk ciri / tipe tertentu, dari selera dan perasaan subjektif setiap orang. Dengan munculnya jejaring sosial, masalah ini menjadi lebih akut, karena setiap orang terus-menerus melihat kehidupan orang lain, menganalisis penampilan seseorang dan membandingkan diri mereka "dalam kehidupan" dengan gambar virtual seseorang di halaman Instagram dan tidak hanya. Tanpa berpikir bahwa lebih sering daripada tidak, sudut yang dipilih dengan benar dan penyiaran konten yang sangat positif memainkan peran besar. Tapi ini topik lain, saya tidak akan menggali lebih dalam. Izinkan saya kembali ke fakta bahwa banyak yang sering merasa malu untuk hal-hal yang tidak bergantung pada mereka ... Untuk mereka sendiri, menurut pendapat seseorang, "titik lemah." Dan seringkali ini terjadi karena suatu alasan. Sangat menyakitkan jika seseorang menunjukkan "kekurangan" dan dengan demikian membuat Anda merasa rentan. Apalagi seseorang bisa melakukannya secara tidak sengaja. Tetapi terlepas dari niatnya, paling sering setelahnya

Mengapa rasa malu merupakan salah satu perasaan yang paling merusak
Mengapa rasa malu merupakan salah satu perasaan yang paling merusak

Dan yang paling penting adalah semua ini dipengaruhi oleh stereotip sosial. Sekarang saya akan memberi contoh. Apa yang biasanya membuat malu? Contoh paling umum, yang mulai saya bicarakan di atas, adalah penampilan saya. Yakni, untuk parameter-parameter tersebut yang di anggap jelek di masyarakat. Oleh karena itu, terlepas dari langkah besar dalam mengadopsi kepositifan tubuh di berbagai bidang: dari pemodelan hingga industri bioskop, banyak yang masih merasa malu dengan penampilan "tidak standar" mereka. Dan emosi ini juga dipicu oleh reaksi negatif terhadap orang tersebut. Jadi, sekarang jika seseorang tidak sesuai dengan "ideal" seseorang, dia, menurut klasik, dikenakan hayt. Seseorang sudah terbiasa dengan serangan semacam itu, sementara yang lain mungkin mulai malu pada diri sendiri. Sama halnya dengan perilaku, dengan mengungkapkan sudut pandang Anda, dengan mewujudkan impian Anda, dan sebagainya.

Saya menulis semua ini di sini sehingga Anda khawatir tentang pendapat orang lain sesedikit mungkin dan tidak malu pada diri sendiri, tidak takut untuk berkembang. Penilaian orang lain akan selalu menemani Anda. Dan mungkin ada terlalu banyak dari mereka untuk menyenangkan semua orang dan tetap jujur ​​pada diri sendiri. Plus, masih ada orang yang tidak Anda sukai karena berbagai alasan. Oleh karena itu, saya membuat satu kesimpulan sederhana sejak lama - saya harus melakukan apa yang saya suka pada diri saya sendiri dan tidak beradaptasi dengan orang lain. Saya menyarankan Anda hal yang sama. Lupakan ungkapan "Apa yang akan dikatakan orang?" Dia mengerikan dan harus dilarang secara pribadi. Jika Anda merasa nyaman dengan beban yang sekarang Anda miliki - kelas! Jika Anda ingin menjadi seorang blogger, tetapi merasa malu di depan kenalan Anda, mulailah apa pun yang terjadi. Tepat ketika Anda mendapati diri Anda merasa malu, tanyakan pada diri Anda: Apa yang membuat saya malu sekarang? Dan ajukan pertanyaan yang sangat penting, karena Anda tidak dapat melakukan sesuatu untuk keuntungan Anda sendiri jika hal itu membawa masalah bagi seseorang: "Apakah saya menyakiti orang lain?" Jika tidak, silakan bertindak. Jangan mengubah diri Anda sendiri apa yang cocok untuk Anda, tetapi menghalangi Anda hanya karena penilaian masyarakat. Dan lakukan apa yang Anda inginkan tanpa rasa malu. Berjuang untuk versi terbaik dari diri Anda dan jangan takut dihakimi.

Lihat Komentar
Cancel